Sabtu, 27 Oktober 2012

Letak Negara Kesatuan Republik Indonesia


Letak Indonesia

Negara Republik Indonesia mempunyai kedudukan atau letak yang sangat strategis, hal ini dapat ditinjau dari beberapa segi, antara lain :

a.      Strategis menurut peta

Hal ini karena negara Indonesia terletak pada :
-         Antara garis 6o LU dan 11LS.
-         Antara garis 95 o BT dan 141 o BT.
Letak tersebut disebut letak astronomis.

b.     Strategis menurut geografis
   
Hal ini dapat ditinjau karena negara Indonesia terletak pada :
-         Antara dua benua, yaitu benua Asia dan Australia
-         Antara dua lautan, yaitu lautan Pasifik dan lautan Hindia
Letak tersebut disebut letak geografis.

c.      Strategis menurut ekonomi
  
Karena letak diantara dua benua dan dua lautan, maka letak negara Republik    Indonesia sangat strategis bila ditinjau dari segi perekonomian,karena :
-         Sebagai jembatan pelayaran dan perdagangan antara negara, antara benua, dan antara bangsa.
-         Banyak hasil kekayaan alamnya, kekayaan lautan yang berupa ikan, kekayaan hasil bumi, dan juga hasil tambang.
-         Terdiri dari pulau – pulau dan berbagai suku bangsa yang mempunyai ciri kebudayaan sendiri – sendiri sebagai sumber kekayaan kebudayaan bangsa.

d.     Strategis menurut kejadiannya

Bila kita tinjau dari proses kejadian darat dan lautnya, maka negara RI tanahnya terdiri dari :
-         Daerah dangkalan/paparan Sunda,yaitu meliputi  : Pulau Jawa, Pulau Sumatera (Pulau Andalas), Pulau Kalimantan (Pulau Borneo).
-         Daerah dangkala/paparan Sahul, yaitu meliputi dataran Pulau Aru dan Pulau Irian Jaya, Laut Arafura dan selat Flores.
-         Daerah laut Tengah, yaitu meliputi Laut Sulawesi, selat Makassar, Laut Flores, Laut Banda, Laut Maluku, dan Laut Buru.

Untuk melengkapi dan lebh memberikan penjelasan mengenai letak negara RI yang strategis itu menurut garis peta maka kita kenal lebih lanjut tentang istilah – istilah di bawah ini :
-         Garis Khatulistiwa, yang juga biasa disebut dengan garis equator yaitu garis khayal yang melintang  dan membagi dunia menjadi dua bagian yang sama luasnya menjadi bagian Utara dan Selatan.
-         Garis Lintang, adalah garis – garis yang sejajara dengan garis khatulistiwa. Yang terletak di sebelah utara garis Khatulistiwa disebut garis Lintang Utara (LU), dan yang terletak di sebelah selatan garis khatulistiwa disebut garis Lintang Selatan (LS).
-         Garis Greenwich, yaitu garis yang membujur dan membagi dunia menjadi dua bagian yang sama luasnya menjadi Barat dan Timur. Greenwich adalah nama kota di Inggris.
-         Garis Bujur, adalah garis – garis yang sejajar dengan garis Greenwich.yang terletak di sebelah timur disebut garis Bujur Timur (BT) dan yang terletak disebelah barat disebut garis Bujur Barat (BB).






Daftar Pustaka
Hidayat, Syamsul. 2001. Rangkuman Ilmu Pengetahuan Umum Lengkap 2001-2004. Surabaya : Apollo Surabaya


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar