Senin, 16 April 2012

CERMIN


Cermin adalah benda yang permukaannya rata dan halus. Permukaan yang demikian dapat memantulkan cahaya dengan teratur, karena hanya memantulkan cahaya pada satu arah saja.
Pemantulan yang teratur memungkinkan terbentuknya bayangan. Ada 2 macam bayangan, yaitu :
a.       Bayangan maya / semu, yaitu bayang yang tidak dapat ditangkap dengan layar.
b.      Bayangan nyata / sejati, yaitu bayang yang dapat ditangkap dengan layar.

Macam – macam cermin

a.       Cermin datar
Sifat bayangan : maya, tegak, sama besar dengan bendanya, kiri kanan terbalik, jarak benda sama dengan jarak bayangan.
Cermin digunakan untuk kaca berhias.

b.      Cermin cekung
Sifat bayangan :
-          Nyata, bila benda jauh dari cermin.
-          Maya, lebih besar daripada bendanya, bila benda terletak di dekat cermin
Cermin cekung digunakan sebagai reflektor pada lampu mobil dan proyektor.

c.       Cermin cembung
Hanya dapat membentuk bayangan maya yang lebih kecil dari bendanya.
Cermin cembung digunakan untuk kaca spion pada mobil.

Senin, 09 April 2012

Shuffle Dance in Taekwondo

See that ?
You can learn Taekwondo easily.
The way is shuffle dance..

Enjoy it..




Laporan Gerbang Logika


Nama    : Hesti Hati Nurani
No          : 17
Kelas     : X TKJ 1
LAPORAN GERBANG LOGIKA
Ø  Tujuan :
-          Agar siswa memahami hubungan antara masukan dan keluaran pada piranti logika AND, OR, NOT, XOR, NAND, NOR, dan XNOR.
-          Dapat menggunakan tabel kebenaran untuk menyatakan hubungan tersebut di atas.

Ø  Teori  singkat :
Gerbang logka adalah piranti yang mempunyai keluaran dengan dua keadaan. Dalam logika positif, logika 0 (rendah) mempunyai level tegangan yang rendah. Untuk  TTL tegangan ini berkisar 0 sampai 0,5 volt. Logika 1 (tinggi) menggunakan level tegangan yang paling tinggi. Untuk TTL tegangan ini berkisar 2,4 volt sampai dengan 5 volt.
Gerbang logika digunakan untuk melakukan operasi – operasi khusus, seperti : AND, OR, NOT, NAND, NOR, XOR, dan XNOR. Hubungan masukan dan keluaran untuk operasi – operasi tersebut biasanya dituliskan dalam suatu tabel yang disebut tabel kebenaran.

Ø  Alat dan bahan :
a.       1 buah modul AND – PTE -006-01             
b.      1 buah modul NAND – PTE -006-02                           g.   1 buah modul NAND – PTE -006-07
c.       1 buah modul OR – PTE -006-03                                 h.   1 buah modaul AND – PTE -006-09
d.      1 buah modul NOR – PTE -006-04                              I.    1 buah power supply – PTE -006-43
e.      1 buah modul XOR – PTE -006-05                               J.    1 buah panel frame
f.         1 buah modul XNOR – PTE -006-06                          k.    dan kabel penghubung

Gambar Rngkaian
Klik this button :



Ø  Langkah kerja :
a.       Siapkan alat dan bahan
b.      Buatlah rangkaian gambar ( sesuai gerbang logika yang ingin diuji ) pada kerangka panel dengan menggunakan panel AND untuk gerbang logika AND, panel NAND untuk gerbang logika NAND, panel OR untuk  gerbang logika OR, panel NOR untuk gerbang logika NOR, panel XOR untuk gerbang logika XOR, panel XNOR untuk gerbang logika XNOR, panel AND 4 masukan untuk gerbang logika AND 4 masukan, dan panel NAND 4 masukan untuk gerbang logika NAND 4 masukan.
c.       Ujilah gerbang AND, NAND, OR, NOR, XOR, dan XNOR dengan cara memberi masukan – masukan A dan B logika 0 dan 1 sesuai  tabel kebenaran AND, NAND, OR, NOR, XOR, maupun XNOR tersebut ( tergantung gerbang logika yang ingin diuji ).
d.      Untuk gerbang logika AND dan NAND 4 masukan, caranya adalah ujilah gerbang AND dan NAND  dengan cara memberi masukan – masukan A, B, C, dan D logika 0 dan 1 sesuai tabel kebenaran AND maupun NAND tersebut.
e.      Catat logika keluaran F yang teramati sesuai penunjuk LED pada keluaran tersebut.
f.        Simpan alat dan bahan pada tempat semula.






Ø  Tabel :
a.       Tabel kebenaran AND
A
B
F
0
0
MATI
0
1
MATI
1
0
MATI
1
1
NYALA

b.      Tabel kebenaran NAND
A
B
F
0
0
NYALA
0
1
NYALA
1
0
NYALA
1
1
MATI

c.       Tabel kebenaran OR
A
B
F
0
0
MATI
0
1
NYALA
1
0
NYALA
1
1
NYALA

d.      Tabel kebenaran NOR
A
B
F
0
0
NYALA
0
1
MATI
1
0
MATI
1
1
MATI

e.      Tabel kebenaran XOR
A
B
F
0
0
MATI
0
1
NYALA
1
0
NYALA
1
1
MATI
               
         f.    Tabel kebenaran XNOR
A
B
F
0
0
NYALA
0
1
MATI
1
0
MATI
1
1
NYALA
                  g.   Tabel kebenaran AND dengan 4 masukan   
A
B
C
D
F
0
0
0
0
MATI
0
0
0
1
MATI
0
0
1
0
MATI
0
0
1
1
MATI
0
1
0
0
MATI
0
1
0
1
MATI
0
1
1
0
MATI
0
1
1
1
MATI
1
0
0
0
MATI
1
0
0
1
MATI
1
0
1
0
MATI
1
0
1
1
MATI
1
1
0
0
MATI
1
1
0
1
MATI
1
1
1
0
MATI
1
1
1
1
NYALA

  h.   Tabel kebenaran NAND dengan 4 masukan
A
B
C
D
F
0
0
0
0
NYALA
0
0
0
1
NYALA
0
0
1
0
NYALA
0
0
1
1
NYALA
0
1
0
0
NYALA
0
1
0
1
NYALA
0
1
1
0
NYALA
0
1
1
1
NYALA
1
0
0
0
NYALA
1
0
0
1
NYALA
1
0
1
0
NYALA
1
0
1
1
NYALA
1
1
0
0
NYALA
1
1
0
1
NYALA
1
1
1
0
NYALA
1
1
1
1
MATI

Ø  Kesimpulan :
Untuk gerbang AND jika salah satu input 0, maka hasil rangkaiannya mati. Sedangkan NAND merupakan kebalikan dari AND. Untuk gerbang OR jika salah satu inputnya 1, maka hasil rangkaiannya nyala. Sedangkan NOR merupakan kebalikan dari OR. Untuk gerbang logika XOR jika input yang sama berjumlah genap, maka hasil rangkaiannya mati. Sedangkan XNOR merupakan kebalikan dari XOR.